Bermain Sambil Belajar Dengan Pasir Kinetik

Bagi anak kecil, hal yang paling menarik adalah mainan. Surely, semua anak menyukai mainan. Saat ini, banyak yang menggandrungi mainan kekinian untuk perkembangan balita. Mainan apa itu? That's Magic Sand, atau biasa dikenal dengan sebutan pasir kinetik. Ada yang pernah memainkannya dengan si kecil? I've been doing it with my son


Ternyata, permainan yang kelihatannya sepele itu menawarkan segudang manfaat untuk si kecil. Ya, pasir kinetik ini masuk dalam kategori permainan edukatif yang sangat menyenangkan dan pastinya seru. Tak hanya itu, permainan ini menjadi media si kecil untuk bereksplorasi sehingga sangat mendukung tumbuh kembangnya. Kira-kira, apa saja manfaatnya? Simak ulasan serta pengalaman yang dirangkum Mama Haikal ya!

Manfaat Pasir Kinetik

Mempercepat Perkembangan Motorik


Masih ingat dengan postingan saya terkait aktifitas untuk mengembangakan skill motorik anak? Permainan ini masuk ke salah satunya. Masa balita merupakan masa emas anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan motoriknya (motorik kasar dan halus). Nah, as parent, kita dapat memfasilitasi si kecil dengan fun activity untuk mendukung perkembangan motoriknya melalui pasir kinetik. 

Apa sih hubungannya pasir kinetik dan motorik anak? Well, saat memainkan pasir ajaib ini, anak akan berkolaborasi dengan jemarinya, meremas, menekan, dan membentuknya. Disinilah, anak tanpa sadar telah melatih motoriknya. Perlembangan skill motorik yang dapat terlatih dengan baik melalui this fun activity diantaranya adalah penguatan jari, ketangkasan tangan, dan masih banyak lagi. 

Mengasah Kreativitas dan Kemampuan Kognitif


It's real kalau kreativitas anak akan terasah dengan baik melalui mainan edukatif ini. Anak dapat berkreasi sesukanya. Anak juga akan merasa tertantang untuk mewujudkan bentuk yang ada di angannya. 

Bahkan, sangat tepat sekali menjadikan mainan ini sebagai media pembelajaran. Emang bisa? That's perfectly right. Ingat, pasir ini pasir ajaib. Kita dapat membentuk dan meratakannya seperti sedia kala. So, ada baiknya kita juga menyediakan cetakan huruf atau angka untuk pembelajarannya. Let your kids do it! Setelah tercetak, ayo diajarkan pelan-pelan nama cetakan tersebut. Asyik tapi mendidik, kan?

Mengembangkan Aspek Bahasa dan sosialisasi


Memang, pasir kinetik tak akan pernah mengeluarkan suara apalagi mengajak bicara si kecil. Kalau iya, pasti seram kan? Tapi, si kecil akan pandai bercakap berkat pasir ini? Bagaimana bisa? Permainan ini makin seru saat dilakukan bersama. Nah, ketika kita bermain bersamanya, si kecil pasti akan membuka suara dan bercerita apa yang dibuatnya atau lainnya. Interaksi seperti inilah yang turut melatih kemampuan anak dalam berbicara. 

Bahkan, sosialisasi anak juga ikut terlatih. Saat memainkannya bersama, anak akan cenderung mengajak bekerjasama atau berdiskusi untuk mencipta bentuk. Disinilah, anak akan mengenal yang namanya sosialisasi dan berkolaborasi dengan baik. 
Apa hanya itu manfaatnya? Kalau dijabarkan semua, satu hari tak akan cukup untuk membacanya😅.

Cara Bermain Pasir Kinetik 


Saat membeli magic sand ini, cetakan sudah tersedia dalam box. Tapi, kreativitas itu tanpa batas. Mama Haikal mencoba mengajak si kecil berkreasi karena pasir kinetik ini tak hanya tentang menekan dan meremas. Ok, inilah hal seru ala Mama Haikal:

Pasir kinetik vs construction


Haikal itu suka sekali dengan construction transportation. Jadi, Mama dan Haikal ini bermain peran jual beli pasir untuk membangun jalan dan perumahan. Kebetulan juga beragam jenis construction truck itu ada. So, it is so much fun

Caranya gampang kok ya. Setelah bermain peran jual beli, langsung lah kita beraksi bekerja bersama membangun jalan. Cukup membentuk pasir memanjang. Dengan bantuan Bulldozernya Haikal, kita buat pasir sedikit rata untuk lewatnya kendaraan. Biar lebih menarik, buat saja garis di jalan tadi dengan memanfaatkan garpu. Bisa dibayangkan ya bagaimana hasilnya.

Pasir kinetik vs ice cream


Haikal suka banget dengan ice cream. So, di rumah ada banyak sekali cup ice cream. Masih tetap bermain peran, kali ini Mama dan Haikal jual beli ice cream. Cetakannya? Manfaatkan saja sendok susu atau kinder joy. Btw, kok kayak cewek ya main ice cream? No, ini bukan tentang gender. Ini tentang kolaborasi dan kreativitas. Toh, siapapun boleh makan ice cream kan. Berpikir simple itu perlu😊. 

Nah, itu tadi manfaat dan cara menyenangkan bermain pasir kinetik. Selamat mencoba!

Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

15 Komentar untuk "Bermain Sambil Belajar Dengan Pasir Kinetik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel