Anak Belajar Matematika dengan Sempoa, Simak Tipsnya!

Ketika Ayah dan Bunda kesulitan saat memdampingi sang anak belajar Matematika, Anda pasti paham betul betapa panas situasinya. Ingat, Anak memiliki rentang perhatian yang pendek, sehingga sulit untuk mengajarinya mata pelajaran yang berat seperti Matematika. Metode sangat diperlukan dalam mempelajari subject ini meski topik yang paling dasar sekalipun. 

Lalu, kenapa Anda tak mencoba meminta si anak belajar dengan menggunakan sempoa? Bisa dibilang, Sempoa adalah kalkulator jadul, tetapi kenyataannya sampai sekarang, alat kuno ini cukup populer di antara banyak orang tua, siswa, dan guru. Sempoa dapat membantu anak Anda memahami semua konsep Matematika dan juga mengasah kemampuan mental Matematikanya. 

Belajar matematika dengan sempoa

Jadi di sini, Blog Mualimah telah mengumpulkan beberapa informasi tentang tips menggunakan sempoa untuk anak-anak yang akan membantu para orangtua. Baca postingan Mualimah dan pelajari lebih lanjut di bawah ini!

Manfaat Sempoa untuk anak

Selain pembelajaran alfabet, di mana anak-anak diajari mengenal huruf dan kata, berhitung juga dianggap sebagai ilmu penting dalam pendidikan anak usia dini. Alasan mengapa kenapa Abacus atau sempoa menjadi alat hitung yang menarik yakni karena alat ini menawarkan pengalaman seru secara langsung dan menarik bagi anak-anak prasekolah untuk mulai belajar matematika dasar.

Ini karena Abacus juga menawarkan pengalaman visual imajinatif yang membantu anak belajar Matematima lebih mudah. Terlebih lagi, metode dengan Sempoa ini tidak membosankan. Dengan Sempoa, rasanya lebih seperti "bermain" sambil mencoba memecahkan masalah atau soal matematika. Kegiatan belajar menjadi sangat efektif jika dipandang melalui sentuhan dan kesenangan karena secara alamiah, tiap anak cenderung menikmati proses belajar melalui permainan.

Artinya, Abacus dapat menjadi pilihan cerdas bagi para orang tua yang ingin memperkenalkan beberapa simbol angka dan matematika terlebih dahulu kepada anak-anaknya. Menurut penelitian, anak-anak memanfaatkan hingga 30% energi dan waktunya hanya untuk bermain. Oleh karena itu, sangat penting bahwa belajar dan bermain digabungkan sehingga pembelajaran dapat menjadi menyenangkan dan efektif. 

Selain meningkatkan pemahaman matematika secara keseluruhan, berikut adalah beberapa manfaat kognitif lain dari sempoa:
  • Menciptakan pikiran yang semakin kritis
  • Meningkatkan daya tahan dari tekanan dan stres
  • Meningkatkan suatu kepercayaaan pada diri sendiri
  • Meningkatkan keterampilan problem solving atau pemecahan masalah
  • Memberikan dasar pembelajaran yang kokoh terkait matematika
  • Membantu mengembangkan memori fotografi


Metode sederhana untuk memperkenalkan sempoa

Metode 'Mencocokkan Gerakan'

  • Mulailah dengan menempatkan semua manik-manik dari setiap baris di satu sisi sempoa. Anda harus mengosongkan separuh baris/sisi lainnya.
  • Minta anak Anda untuk mengamati langkah Anda dengan cermat. Secara perlahan, pindahkan manik ke sisi lain, minta anak Anda untuk meniru Anda. Pastikan si anak melakukan gerakan yang sama.
  • Sekarang, di baris berikutnya pindahkan beberapa manik lagi dan minta anak Anda melakukan hal yang sama. Pastikan mereka menggeser dengan jumlah manik-manik yang tepat ke sisi lain.
  • Ulangi prosesnya; harap perhatikan dan bantulah sang anak agar tidak salah dalam menghitung jumlah manik-manik yang digeser.
  • Agar game terasa menarik, random jumlah manik yang akan digeser dan juga baris yang Anda mainkan.
  • Jika anak sudah terampil melakukannya, tingkatkan permainan dengan menggeser sisi.
  • Pastikan Anda melakukan metode ini perlahan terutama jika si kecil masih balita. Anda juga dapat melakukannya dengan menghitung angka-angka dengan lantang bersama si kecil. Buatlah semenarik mungkin.

Metode Game Menghitung

  • Pindahkan manik-manik dari kanan ke kiri (atau sebaliknya). Lakukan ini perlahan-lahan, sehingga anak Anda dapat mengamati berapa banyak manik yang telah Anda geser dan berapa banyak yang Anda tinggalkan.
  • Pastikan ada ruang di tengah baris untuk menggeser manik-manik jika diperlukan.
  • Minta anak untuk memindahkan jumlah manik-manik ke sisi lain dan hitung jumlah manik-manik yang dipindahkan. Sekarang, minta anak untuk menghitung jumlah manik-manik yang tertinggal.
  • Mintalah si kecil untuk menghitung jumlah manik-manik dengan menggesernya ke tengah. 

Well, Sempoa menjadi lebih menarik setelah anak mempelajari metode bermain atau cara mengerjakannya. Metode tersebut dapat dilakukan pada sempoa satu warna sederhana atau sempoa manik dengan dua warna. Ingatlah bahwa setiap aktivitas atau permainan yang Anda mainkan dengan anak-anak adalah cerminan dari seberapa besar minat anak terhadap hal yang sama.
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

14 Komentar untuk "Anak Belajar Matematika dengan Sempoa, Simak Tipsnya!"

  1. Jadi ingat dulu jaman SD, hitungan matematika menggunakan sempoa

    BalasHapus
  2. Emang sempoa sangat membantu daya pikir anak jadi lebih kreatif.

    BalasHapus
  3. Sempoa sama jarimatika beda atau sama mbak?

    BalasHapus
  4. Belajar sempoa itu terlihat mudah. Tapi ternyata nggak semudah yang kita perkirakan sih. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah belajar sempoa. Dan itu agak rumit. Ntah sekarang masih bisa atau nggak.

      Hapus
  5. terima kasih informasinya

    BalasHapus
  6. Sampai detik ini, jujur saja saya belum bisa pake sempoa haha

    BalasHapus
  7. Saiki wes ra usum mbak, pake sempoa. Nganggone kalkulator neng hp android.. 😆😆😁

    BalasHapus
  8. Sempoa saya kenal sebagai tools menghitung

    BalasHapus
  9. Entah kenapa saya kurang terlalu tertarik ya matematika...tpi klo fisika lebih suka saya

    BalasHapus
  10. Jadi keinget jaman masih kecil🤤

    BalasHapus
  11. Bagus sekali untuk mengajak anak belajar dengan cara menyenangkan

    BalasHapus
  12. Trimakasih semua readersnya Mualimah. Maaf belum bisa balas satu2. Intinya Sempoa itu manfaatnya sangat banyak apalagi jika digunakan balita. Jangan terlena dg adanya mesin penghitung. Balita itu masil dalam fase golden age. Sebisa mungkin kita memilah dan memilih segala sesuatu untuknya dengan bijak. Trimakasih.

    BalasHapus
  13. main sempoa juga bisa mengajarkan matematika. dulu aku mainnya sempoa tapi dijadiin rumah-rumahan hahaa

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel