Daftar Lagu Anak Edukatif untuk Tumbuh Kembang Balita

Sejak hadirnya buah hati, Ayah & Bunda pasti beralih profesi menjadi penyanyi. Kok bisa? Ya, karena orangtua tak akan bisa lepas dari aktivitas bernyanyi dan menari saat bermain dengan si kecil. Siapa yang tak ingin anaknya pandai berbahasa? Semua pasti ingin mempunyai anak yang cakap berbicara. 

Salah satu cara menyenangkan dan pastinya efektif untuk menstimulasi skill ini adalah lewat lagu. Ada banyak lagu anak edukatif yang dapat kita kenalkan pada balita. Tentunya, lagu anak tersebut mengandung pelajaran yang akan memaksimalkan tumbuh kembang balita. 

Designed by Pixabay

Meskipun lagu lama, tapi lagu anak yang saya list di bawah ini tetap populer sepanjang zaman. Kenapa? Ini karena ritme dan ketukannya berulang-ulang sehingga mudah diingat siapapun terutama anak. 

Selain itu, lagu ini mengajarkan hal dasar yang penting sekali untuk kemampuan berbicara si kecil. Tak heran, banyak orangtua yang menyanyikannya saat sang anak dalam tahap belajar berbicara. Dan, manfaat lainnya pun tetap didapat untuk tumbuh kembangnya. 

Baca juga: 

Menstimulasi Balita Agar Cepat Berbicara

Nha, lagu apa saja yang dapat meningkatkan kecerdasan dan mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati kita? Check it out!

2 Mata Saya

Siapa sih yang tak kenal dengan lagu ini? Ini lagu yang sangat edukatif karena memperkenalkan anak dengan anggota tubuh. Bukan hanya bagian tubuhnya saja, tapi juga dengan jumlah dan kegunannya. 

Lirik yang singkat dan mudah diingat menjadi pilihan tepat untuk Ayah & Bunda dalam mengajari si kecil kosa kata lewat lagu ini. 

Sebenarnya, selain lagu ini, ada beberapa lagu populer lain yang juga mengajarkan anak tentang anggota tubuh seperti kepala pundak ..... Lagu ini juga tak kalah populernya dan sangat edukatif. 

Balon Ada 5 dan Pelangi

Salah satu tema yang harus diajarkan saat balita adalah warna. Nggak harus langsung semua warna, cukup warna dasar terlebih dahulu. Agar tak monoton, dua lagu ini cocok sekali untuk mengenalkan buah hati tentang warna. Warna yang disebutkan dalam kedua lagu itu juga warna yang tergolong dasar. 

Designed by Pixabay

Selain itu, lagunya juga ceria, dijamin anak akan belajar tanpa beban. Agar hasilnya maksimal, saat menyanyikan lagu ini, kita bisa sambil menunjuk warnanya agar balita semakin paham bagaimana wujud warna tersebut sebenarnya. 

Ambilkan Bulan dan Bintang Kecil

Anak-anak juga butuh pengenalan terhadap benda di angkasa, lho. Tak usah muluk-muluk mengajarkannya, cukup tahu dulu apa saja yang ada di langit. Saat keluar malam hari dengan balita, umumnya orangtua akan menunjuk ke atas dan mengenalkan adanya Bintang dan bulan. Lagu ini juga bisa mendukung pengenalan benda tersebut. 

Ayam Berkotek dan Satu Tambah satu

Tau lagu ini? Pasti semuanya tau, kan? Lagu yang sangat cocok untuk belajar angka dan hitungan dasar. 

Ayam berkotek mengajarkan tentang pengurangan angka sedangkan satu tambah satu mengajarkan tentang penjumlahan angka. 

Dengan lagu ini, bukan berarti kita memaksa anak untuk langsung mahir matematika. It's for an introduction only. Lambat laun, anak akan memahami konsep tersebut. 

Satu-satu

Ini adalah salah satu lagu legendaris. Lagu yang begitu menghipnotis balita karena kosa kata yang terucap dalam liriknya adalah anggota keluarganya. Mendengar dan menyanyikan lagu ini, balita akan menghayati emosinya. Balita akan memahami bahwa seperti liriknya, dia juga sangat menyayangi ibu, ayah, adik, dan anggota keluarga lainnya. 

Bangun Tidur

Tak hanya untuk menambah perbendaharaan kata, anak juga akan belajar suatu kebiasaan setiap pagi hari. Dengan begitu, anak akan selalu ingat apa tugasnya saat bangun tidur. 

So, saat si kecil sedang mogok dan tak mau menjalankan rutinitas pagi, kita bisa menyanyikan lagu ini agar tak terkesan selalu memerintah. Anak pasti akan ikut bernyanyi dan tentunya melaksanakan tugasnya. Sangat menyenangkan sekali, kan?

Ayo, Ayah & Bunda, kita jadi penyanyi yang handal untuk buah hati. Manfaatkan lagu anak edukatif yang sudah kita hapal sebelumnya. Semangat mengasuh buah hati!!

Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

18 Komentar untuk "Daftar Lagu Anak Edukatif untuk Tumbuh Kembang Balita"

  1. Keren mba infonya.. buat referensi nanti

    BalasHapus
  2. Untung lagu naik kereta api nggak ada.. Wkwk 😆😆😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi emang kenapa kalau ada lagu kereta api??

      Hapus
  3. Mantap informasinya, saya jadi nostalgia nih hahaha

    BalasHapus
  4. Mantep nih infonya. Buat nanti kalau udah nikah😂

    BalasHapus
  5. Lagu cocok untuk edukasi anak... Hehe jangan asal kasih lagu... Thanks infonya hehe

    BalasHapus
  6. Dlu masa kecil ku di dengerin lagu St12🤣

    BalasHapus
  7. Trimakasih semua atas kunjungan dan kimentar positifnya .. semoga tetap setia baca tulisan receh ini 😊

    BalasHapus
  8. Rata-rata lagu jadul semua ya. Penciptanya bu kasur, pak kasur, Bu sud.. Zaman skrg ud jarang ada versi lagu baru untuk anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund.. lagu anak semuanya lagu lama. Stok lagu baru nihil.. miris 😢

      Hapus
  9. save list daftar lagunya,

    BalasHapus
  10. kangen masa kecil jadinya, hehehe

    BalasHapus
  11. Jaman sekarang sudah jarang sekali lagu anak, rata-rata anak-anak jaman sekrang lagu-nya tentang cinta smua
    Makasih infonya bisa buat referensi
    Rolleman

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel