Familiarize Toddlers Love Indonesia for the Nation Progress!

Siapa yang bisa mengelak akan kekayaan Indonesia? Tak ada. Lihatlah, warna hijau dan biru masih mendominasi negeri ini. Artinya, Indonesia masih berada dalam lintas maritim dan perhutanan luas yang masih terjaga. Orangtua sudah sepatutnya mengajak anak bahkan toddlers love Indonesia. Apa tak terlalu menyulitkan? Jika masih dalam arahan juga bilbingan orangtua, tak ada yang namanya sulit. Banyak cara asyik untuk pendidikan penting ini. 

Designed by Pixabay

Simak beberapa kiat di bawah ini untuk mendorong balita paham dan mengenal Indonesia lebih dalam!

Belajar dengan nyanyian atau lagu

Lagu itu sangat menghibur si kecil. Selain itu, kecerdasan otak juga terbantu lewat media ini. Kita tentunya sering bernyanyi bersama anak untuk menghilangkan stress atau ketegangan. Nha, daripada bernyanyi lagu-lagu yang sedikit faedahnya, ada baiknya kita juga mengenalkan lagu Indonesia yang pas untuk si kecil. Manfaatkan saja karya Ibu Sud dan Pak Kasur.  

Ya, banyak nyanyian karya putra bangsa yang menyenangkan jika diperdengarkan balita. Balita akan terbiasa mengenal keadaan lingkungan dan tanah airnya. Syairnya memang sedrhana, tapi pesan dan maknanya sangat dalam. Banyak pelajaran positif yang bisa diambil dan dikisahkan ke anak. Sungguh, cara ini pasti membuahkan hasil. 

Belajar lewat aneka bacaan

Pastinya, bacaan yang dimaksud adalah tentang kekayaan negara kita. Kita pasti sering mendengan bahwa bercerita dengan anak termasuk suatu cara untuk meningkatkan 'tumbang' anak. Nha, saat mendongeng, sempatkan untuk berbagi kisah tentang cerita rakyat. Pilih saja cerita yang seru namun tetap mendidik. Ada banyak yang bisa diajarkan selain pesan moralnya seperti dari mana asal cerita tersebut. 

Bagaimana kalau tidak punya bukunya? Itu perkara mudah. Ini dunia digital. Di layar kaca semua ada. Bahkan, kita juga masih sangat hapal akan cerita-cerita legendaris seperti Timun Mas, Tangkuban Perahu, kan? Ceritakan saja hal yang mudah. Yang harus diperhatikan adalah cara kita menyampaikan. Mimik, volume, ekspresi, dan intonasi harus pas dengan kriteria cerita. Kenapa? Ini untuk menarik perhatian dan memancing imajinasinya. Inilah cara terasyik, so that toddlers love Indonesia. So, anak akan terpesona dan mengingatnya hingga dewasa nanti.

Berwisata alam

Jangan hanya mengartikan cara ini sebagai bagian dari liburan akhir tahun saja! Kapanpun, kita busa mengajak anak melakukan perjalanan wisata alam tanpa pengeluaran yang membengkak. Alam Indonesia begitu besar dan luas. Di sekitar Daerah kita tinggal pasti terdapat alam bebas yang indah atau bahkan yang sudah ditetapkan sebagai tempat wisata. Ayo, manfaatkan fasilitas tersebut. 

Designed by Pixabay

Paling tidak, kita bisa mengajaknya berkeliling ke perkebunan atau zoo farm. Itu sungguh media terbaik karena nantinya anak akan tahu bahwa binatang tidak hanya kambing dan sapi, tumbuhan tidak melulu tentang padi karena masih banyak ragamnya. Atau, cukup manfaatkan lungkungan sekitar yang mendukung hal tersebut. Intinya, banyaklah bicara dan bercerita guna mengaitkan apa yang dilihat itu termasuk kekayaan Indonesia. 

Mencicipi aneka kuliner Indonesia

Saat memberi makan anak, setidaknya kita juga bisa menyisipkan pelajaran akan Indonesia. Contohnya, saat menyajikan masakan berbahan Tempe, selipkan penjelasan terkait Tempe yang merupakan makanan khas nusantara. Penuturannya sederhana saja, jangan sampai membuat selera makannya hilang. Atau, saat bepergian, kita bisa mengajak anak mampir untuk mencicipi kuliner Indonesia lainnya. Dengan begitu, anak pasti paham bahwa Indonesia pun memiliki ragam makanan yang masih dikembangkan. 

Memainkan alat musik

Media ini juga masih bisa dikaitkan dengan kemampuan mororik anak. Jadi, nanti anak akan mendapatkan manfaat double. Cara memainkannya juga bervariasi. Sehingga, anak akan terus penasaran dan selalu ingin mencobanya. Nha, ini adalah sebuah pancingan untuk memperkenalkannya terhadap kekayaan Indonesia. Anak pasti mengerti bahwa ternyata bukan hanya piano dan gitar yang termasuk alat masuk melainkan masih banyak jenisnya seperti angklung dan kawan-kawannya. 

So, toddlers love Indonesia bukanlah perkara yang mustahil. Ayo, siapkan anak kita menjadi generasi yang berwawasan luas!



Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

24 Komentar untuk "Familiarize Toddlers Love Indonesia for the Nation Progress!"

  1. keren tulisannya bun, kunjungi balik https://anakrantau2019.blogspot.com/2021/02/4-anak-band-yang-hijrah-dan-jadi.html

    BalasHapus
  2. persiapan jangka panjang. banyak yang sedari kecil sudah mencintai Indonesia. lalu saat dewasa sangat kecewa dengan sistem yang ada. putus asa. lalu memilih hidup dluar negri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja rasa cinta terhadap negeri ini tak pernah pupus hingha kelak.

      Hapus
  3. Wajib sebagai orang tua mengenalkan tanah air melalui bacaan, lagu dan tempat wisata. Tak cuma gadget saja ya Bun

    BalasHapus
  4. Wah... ternyata kita butuh wawasan yg luas ☺

    BalasHapus
  5. Terimakasih artikelnya, bisa menambah wawasan kiat balita mendorong untuk lebih paham dan mengenal Indonesia lebih dalam

    BalasHapus
  6. Iya sih.. Hal paling mudah memang bernyanyi, mendongeng, travlling mengenalkan pesona alam indonesia dan kuliner.

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat. Jangan lupa kunjungi https://resepmakanandanminumankekinian.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Tulisannya ngena banget... Jadi makin cinta tanah air. Terimakasih kak🙏

    BalasHapus
  9. Cinta tanah air sebagian dari iman ...

    BalasHapus
  10. berwisata alam ke gunung boleh bgt tuh

    BalasHapus
  11. sebagai orang tua wajib untuk mengenalkan tanah air kita.

    BalasHapus
  12. Sangat bagus isi dan maksud penulisan nya, bisa jadi pelajaran

    BalasHapus
  13. Banyak orang yg klo nyanyi lagu indonesia raya pasti suka ada aja yg salah lirik.

    BalasHapus
  14. Nice info, Sangat bermanfaat nih buat pembaca.
    saya sndri baru membaca dan tertarik dengan apa yang di tulis oleh admin.
    Mantap.

    BalasHapus
  15. Orang indonesia itu kaya akan alam dan binatang langka
    Tapi kenapa kok bisa membodohi sesama bangsa ny sendiri
    Yg kaya makin kaya yg miskin makin miskin

    BalasHapus
  16. Artikel yang menambah wawasan luas tentang Indonesia, suka banget sama artikel ini. Trimaksih sudah membuat artikel ini 😊

    BalasHapus
  17. Mantap nih, bisa jadi rekomendari

    BalasHapus
  18. wah sangat membantu kak informasi nya.tetap semangat berkarya kak

    BalasHapus
  19. Trimakasih semuanya karena telah sedia membaca tulisan saya ini. Intinya memperkenalkan tentang keberagaman dan kekayaan Indomesia ke anak itu perlu banget demi menimbuhkan rasa cintanya hingga kelak.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel