Resep Pancake Bayam Hijau Khusus Bayi Lezat dan Bergizi

Terkadang, banyak yang bingung untuk menyajikan Bayam ke bayi. Sehingga, para mommy butuh strategi khusus dan resep lezat untuk mengubahnya. Nah, pancake bayam hijau khusus bayi ini sangat mudah dibuat, menyehatkan, dan juga finger food yang sempurna untuk proses penyapihan bayi. 

Bayam untuk bayi

Ok, bayam termasuk sayuran berdaun hijau yang sangat berkhasiat dan serbaguna. Kita dapat mengolahnya menjadi smoothie, oatmeal, muffin, hingga pancake. Secara nutrisi, bayam adalah sumber zat besi, folat, vitamin K, dan magnesium yang cukup hebat. Sayur ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata (juga ditemukan dalam telur).

Resep pancake bayam ala baby Haikal

Bahan

1 ikat bayam bayi 
120g yogurt tanpa lemak utuh
1 telur
50g gandum gulung
2 sdm saus apel tanpa pemanis
1 sdt kayu manis
1/2 sdt baking powder
2 sdm kenari (cincang halus)

Note:

Untuk membuat pancake bayam hijau khusus bayi, bahan yang digunakan haruslah pilihan terbaik, seperti:
  • Bayam (Baby Spinach) - Saya merekomendasikan untuk membeli yang organik karena mengandung pestisida dalam jumlah tinggi. Untuk jumlahnya, sesuai selera. Tapi, jangan terlalu banyak bayam atau pancake akan terasa pahit.
  • Yoghurt - Ingatlah bahwa bayi pun sangat butuh lemak utuh. Jika Anda menginginkan pancake demgan rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu tajam, gunakan yogurt tanpa rasa.
  • Oat - memang sekarang banyak tersedia oat siap saji atau instan. Tapi saya sarankan untuk membuatnya sendiri.
  • Saus apel - gunakan tanpa pemanis. Saus ini ditambahkan untuk memberikan sedikit rasa manis pada pancake. Secara keseluruhan, pancake ini tidak manis tapi sangat lezat di lidah bayi.

Langkah memasak


Pancake bayam khusus bayi

  • Masukkan semua bahan ke dalam food processor atau blender kecuali kenari. Blender hingga halus. Campur dan aduklah kenari plus adonan tersebut. Biarkan saja dulu adonan tersebut selama 10 menit.
  • Panaskan wajan atau panci penggorengan dengan api sedang. Lapisi wajan dengan mentega atau tuangkan minyak secukupnya. 
  • Masukkan 1 hingga 2 sendok makan adonan ke dalam loyang. Masak sampai gelembung mulai terbentuk dan tepi pancake mulai tampak padat (sekitar 3 menit). 
  • Baliklah pancake dengan hati-hati dan tunggu lagi selama 2-3 menit.
  • Pancake bayam ala baby siap disajikan. Jika ingin lebih lezat, Anda bisa menambahkan topping pilihan (lihat catatan)

Cooking tips

  • Setelah memblender, diamkan adonan selama 10 menit atau lebih. Ini akan memudahkan untuk menyendok / menuang ke dalam wajan.
  • Adonannya tipis jadi pastikan untuk memasaknya sampai Anda mulai melihat gelembung dan bagian bawahnya mengeras sebelum dibalik.
  • Jika bagian bawah mulai terlalu kecokelatan sebelum disetel, kecilkan api.
  • Biarkan dingin sepenuhnya. Pancake akan mengeras dengan indah saat didinginkan. Saya pun merasakan bahwa rasa yogurt menjadi lebih lembut saat mulai dingin.
Jika Anda menginginkan pancake bayam hijau khusus bayi yang lebih manis, Anda dapat mengganti saus apel + yogurt dengan 1/2 pisang yang berukuran sedang dan telah dihaluskan. Yummy, si kecil pasti merasakan kelezatannya.


Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

22 Komentar untuk "Resep Pancake Bayam Hijau Khusus Bayi Lezat dan Bergizi"

  1. Jujur sih saya gak pernah makan bayam,, tapi mungkin jika kita mengomsumsi dari kecil bisa jadi suka,,,
    Kayak tips diatas tp gimana resep bayam buat org gede mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali kalau buat orang dewasa. Resep di atas juga bisa, tinggal tambahkan perasa sesuai selera.

      Hapus
  2. Walau sya nggak suka bayam, tpi kalau dibikin kueh gitu, koq jadi ngiler ya? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, eksplorasi di dapur bersama keluarga tercinta🀩

      Hapus
  3. Cara menyajikan bayam agar anak demen makan sayur ya kak. Anak-anak nggak bakal ngerasa makan sayur. Tapi makan pancake. Hehhee

    BalasHapus
  4. bisa di coba untuk anak tetangga saya

    BalasHapus
  5. mantap sekali keren dan menarik, bagi kalian yang tertarik dengan dunia IT bisa baca juga loh di https://blog.rajait.id

    BalasHapus
  6. bayam mah ksukaan saya itu..

    BalasHapus
  7. Bikin review cemilan sehat dong...

    BalasHapus
  8. Wah..makanan sehat kalau diolah dengan menarik, bisa menggugah selera juga ya..habis selama ini bayam kebanyakan kalo g disayur bening ya bua keripik πŸ˜†

    BalasHapus
  9. Thanks for all readers. Love you all πŸ₯°

    BalasHapus
  10. Kayaknya saya juga orang dewasa suka deh hehe

    BalasHapus
  11. Lengkap banget ni, Resep Pancake Bayam Hijau Khusus Bayi Lezat dan Bergizi 😊

    BalasHapus
  12. Jangankan untuk bayi.. kalo ini aku mah juga doyan hehehe

    BalasHapus
  13. Layak dicoba nih, buat ragilku yang balita.

    BalasHapus
  14. Masuk akal sekali makanan untuk bayi, yang notabene saat anak2 sulit untuk makan sayur, ini masih bayi sudah diajarin makan asyuran walau berbentuk Pancake

    BalasHapus
  15. Sudah saatnya sih emak-emak kudu berkreasi. Biar bocah bisa doyan makan sayur. Hehehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel