3 Cara Menanagi Anak Super Aktif Tanpa Drama

Si kecil, khususnya yang mulai menginjak 2 tahun enggan sekali duduk diam. Berjoget, melompat, berlarian ke sana ke mari. Everything is fun. Pastinya, anak Ayah dan Bunda juga demikian, kan? Jika ya, jangan sekali-kali men-judge kalau si kecil ini hiperaktif. Anak anda memang super aktif, bukan hiperaktif. Apakah berbeda? That's absolutely right. Tentu saja berbeda, khususnya dari segi kefokusan si kecil.

Anak Super Aktif Dan Hiperaktif Itu Berbeda

Anak super aktif dan hiperaktif itu berbeda
Well, setiap anak memang cenderung tak bisa selalu fokus pada suatu hal saja. Setiap kali ada hal-hal yang membangunkan rasa penasarannya atau membuatnya tertarik, dia akan langsung mengalihkan perhatiannya.

Memang benar, anak super aktif gampang bosan sehingga segala aktifitas akan dilakukan. Namun, dia bisa saja fokus dan duduk tenang jika dia sedang mendapati sesuatu yang begitu memikat hatinya. 

Bagaimana dengan hyperactive kid? Umumnya, anak hiperaktif sangat kesulitan untuk bisa fokus walaupun melihat sesuatu yang disukai. Kenapa demikian? Ini karena cakupan perhatiannya jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan anak aktif biasanya. 

Lalu, bagaimana cara menangani anak yang super aktif? Umumnya banyak orangtua yang kualahan dan menyuruhnya bahkan memaksanya diam. That's not the right solution. Ayah dan Bunda bisa mencoba cara-cara di bawah ini. Ini yang saya lakukan ke si kecil Haikal. Hasilnya lumayan. So, you may apply them.

Menangani Anak Super Aktif

Find his/her beloved toy


Designed by Pexels

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, anak super aktif bisa fokus saat mendapati apa yang dia suka. Nah, Ayah dan Bunda bisa amati si kecil saat sedang bermain. Lihatlah, si kecil akan duduk tenang saat memainkan apa? If you've found it, maka mainan itu bisa dijadikan senjata. Ketika si anak tak mau duduk tenang, berikan mainan tadi. Surely, si kecil akan tenang karena sudah fokus dengan mainan favoritnya. 

Sama halnya dengan pangeran kecil saya. Haikal juga termasuk anak yang super aktif. Senjata saya itu truck dan sabun. Ya, jika Haikal melihat 2 benda itu, Haikal akan bahagia sekali dan mulai menjalankan aksinya seolah dia itu sedang memuat semen ke truck. Jadi, ceritanya, sabun itu diibaratkan semen. So, Mama Haikal ini menyediakan sabun mandi banyak special for Haikal😅. 

Create fun activities


Designed by Pexels

Ingat, anak itu gampang banget bosan apalagi jika kegiatannya nggak bervariasi dan tak menarik sama sekali. So, be smart parent! Disinilah, kekreatifan kita ditantang. 

Jika sudah seperti ini, saatnya bagi Ayah dan Bunda menciptakan kegiatan seru agar si kecil dapat tenang namun tetap menyalurkan energinya. Contoh, anda bisa mengajak si kecil belajar berkebun, memandikan pet, atau beragam permainan seru dan edukatif.

Kalau Haikal suka banget dengan air. Nah, pas doi lagi tak bisa dikendalikan keaktifannya, saya ajak menyiram tanaman. Karena suka, Haikal nurut saja. Tentunya, sambil mainan air😅. It's ok yang penting masih dalam batas wajar. 

Let them do everything


Designed by Pexels

Adakalanya, kita harus membiarkannya melakukan apa yang memang sedang ingin dilakukan. Selain menghindari stress, tentu ini akan membantunya untuk tetap bereksplorasi. Namun, jangan sampai lengah. Ayah dan Bunda harus tetap mengawasinya untuk menghindari hal-hal yang berbahaya. 

Nah, gimana Ayah dan Bunda, sudah bisa membayangkan kan bagiamana mengaplikasikannya ke si kecil? Intinya, jangan langsung memaksanya diam karena anak butuh waktu dan ruang untuk bereksplorasi. Good luck!
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

1 Komentar untuk "3 Cara Menanagi Anak Super Aktif Tanpa Drama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel