Ketahui Manfaat Liburan Bagi Balita Untuk Tumbuh Kembangnya!

Libur panjang akan segera tiba. Bagi Ayah & Bunda, liburan keluarga adalah momen terbaik untuk melepas penat tanpa terbebani dengan tuntutan pekerjaan. Bagaimana dengan anak-anak? Setiap anak suka dengan hal baru. Maka, liburan adalah momen yang pas untuknya berkesplorasi. Inilah salah satu alasan kenapa setiap keluarga menjadikan liburan salah satu kebutuhan penting untuk keluarga. 

Salah satu manfaat liburan tentunya menciptakan waktu untuk bersenang-senang. Namun, bagi anak, liburan ternyata memiliki manfaat lain, lho. 

Menghilangkan stress


Designed by Pixabay

Ini adalah point pertama dari manfaat liburan nagi balita. Anak gampang sekali jenuh dengan aktifitas hariannya. Dan, kejenuhan yang menumpuk akan membuat si kecil stress dan tak bersemangat dalam beraktifitas. 

Nah, untuk menghilangkan stress dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu liburan keluarga. Dengan liburan keluarga, bukan hanya stress si kecil yang hilang tapi juga stress orang tua. So, kalau anak dan orangtua sedang dalam good mood, maka waktu akan dapat dilalui dengan sangat menyenangkan tanpa tekanan. 

Memperkuat bonding


Designed by Pixabay

Ayah & Bunda yang kesehariannya bekerja, pasti butuh quality time untuk menciptakan bonding dengan anak. Dan, waktu yang paling tepat adalah waktu berlibur. Liburan dapat dimanfaat sebagai sarana untuk mempererat ikatan dengan sang buah hati. Bagaimana bisa? Dalam liburan bersama, tentu akan ada kegiatan seru yang dilakukan bersama. Melalui kegiatan itulah, bonding atau chemistry akan muncul dan semakin erat seiring berjalannya waktu. Saat 

Waktu berlibur adalah momen yang paling penting untuk mempererat ikatan yang lebih erat di dalam keluarga. Hal ini karena banyak aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Alhasil, anggota keluarga dapat semakin dekat antara satu dengan lainnya. Berlibur bersama keluarga juga dapat meningkatkan hubungan harmonis antara orangtua dan anak.

Meningkatkan kreativitas


Designed by Pixabay

Pertumbuhan, perkembangan, dan kreativitas anak harus terus dikembangkan seiring bergulirnya waktu. Kreativitas anak semakin berkembang saat aktivitas yang dilakukan juga semakin banyak dan beragam. Ada banyak kegiatan liburan yang tentunya bisa memancing anak untuk mengasah kekreativannya seperti bermain teka-teki saat berkunjung ke kebun binatang, memancing saat ke pantai, dan masih banyak lagi. 

Point yang harus diperhatikan adalah biarkan si kecil mengatakan apa yang disukainya sehingga kegiatan yang akan dilakukan terasa menyenangkan dan membuatnya semakin semangat untuk terus tumbuh kreatif. So, hobi anak juga bisa diajdikan acuan.

Belajar beradaptasi


Designed by Pixabay

Saat pergi liburan, otomatis keadaan lingkungan berbeda dengan lingkungan rumah. Artinya, anak akan berhadapan dengan lingkungan asing. Dengan case ini, anak akan mengetahui beberapa kebiasaan atau kebudayaan baru yang didapat di lingkungan baru. Meskipun perbedaannya kecil, kemampuan adaptasi dan sosial anak akan tetap terlatih. 

Jika kemampuan adaptasi dan sosialnya sudah tertata baik, kelak si kecil akan mudah menempatkan diri di lingkungan manapun. Sesulit apapun keadaan, dia akan mencoba bertahan dan menemukan solusi. 

Oh ya, yang harus diingat, mengajak balita pergi liburan itu rawan 'rewel'. Ayah & Bunda harus sabar dan berpikir kreatif agar si kecil enjoy dengan lingkungan barunya. Good luck, Dad & Mom!😊 Selamat berlibur dan rasakan manfaat liburan bagi balita tercinta!

Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

12 Komentar untuk "Ketahui Manfaat Liburan Bagi Balita Untuk Tumbuh Kembangnya!"

  1. Joss artikelnya sis, mampir juga ya ke https://catatanogut.blogspot.com

    BalasHapus
  2. save dulu, cocok banget ketika sudah berkeluarga nanti

    BalasHapus
  3. Butuh banget, semoga bisa selalu sempatkan liburan nanti

    BalasHapus
  4. Lliburan memang banyak sekali manfaatnya

    BalasHapus
  5. Wah...infonya sangat bermanfaat, izin share

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Klau punya anak nih... Anak liburan emaknya ikut liburan... Thanks infonya

    BalasHapus
  8. Oh ternyata ada manfaatnya jga toh, ketika si anak diajak ikut liburan sama ortunya.. Kirain manfaatnya buat bonyoknya aja.. 😅

    BalasHapus
  9. Liburan bisa bikin jadi otak lebih refreshing

    BalasHapus
  10. Semua org butuh liburan.. Apalagi emak-emak... Hehe.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel