Konsentrasi Balita Akan Meningkat Jika Ayah & Bunda Menerapkan Teknik Yang Tepat

Apakah Anda bisa memsatikan konsentrasi anak bagus saat berhadapan dengan suatu kegiatan, tugas, atau pelajaran? Bagi kebanyakan anak, sulit untuk fokus lebih dari beberapa saat pada tugas apa pun, dan hal tersebut wajar saja karena anak memiliki keingintahuan, kegembiraan, dan energi yang lebih.

Namun, konsentrasi dan khususnya fokus belajar anak sangat penting dalam pembelajaran, untuk pekerjaan rumah dan untuk menyelesaikan tugas apa pun. Orang dewasa dapat meningkatkan konsentrasi mereka dengan latihan khusus, namun ini berbeda dengan anak-anak. Strtage yang beda bahkan unik sangat butuh diterapkan pada anak-anak dalam kasus ini. 

Anda dapat membantu anak meningkatkan konsentrasinya dengan berbagai cara. Cara-cara ini, akan mengajari anak kebiasaan dan aturan tertentu, yang akan membuatnya lebih mudah untuk fokus dan meminimalisir kegelisahan, saat mengerjakan pekerjaan rumah atau melaksanakan tugas. Yuk, sima semua caranya, ya! Check it out!

Designed by Pixabay

Memperkecil tugas yang mulanya besar dan padat

Sebuah tugas besar membutuhkan terlalu banyak konsentrasi dan kedisiplinan, jadi, akan lebih baik jika Anda membaginya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil. Ini bisa diterapkan pada segala aktivitas seperti pekerjaan rumah atau pembelajaran keterampilan baru.

Melaksanakan proyek-proyek kecil, yang mengarah pada penyelesaian proyek besar, membuat proyek tidak terlalu menakutkan dan lebih mudah untuk difokuskan, dan juga memberikan dorongan kuat pada anak untuk terus maju dan bergerak. 

Tugas besar yang membutuhkan waktu, dedikasi dan fokus, mungkin tampak mengintimidasi dan membebani, dan dapat menimbulkan perasaan enggan yang akhirnya timbullah penundaan. Berbeda dengan tugas kecil yang tampaknya lebih mudah dilakukan, dan itu menciptakan adanya tantang tersendiri bagi si kecil.

Memainkan Game yang Membutuhkan Fokus

Anda dapat melatih dan memperkuat kemampuan dan konsebtrasi anak untuk fokus dengan memainkan permainan yang membutuhkan kefokusan. Ada banyak sekali permainan semacam itu, yang bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual permainan untuk anak-anak atau bahkan membuatnya sendiri seperti flashcard. Permainan seperti ini akan menggabungkan kesenangan dengan tingkat konsentrasi.

Designed by Pixabay

Menghindari Gangguan

Anak kebanyakan sulit menghadapi gangguan atau keramaian kecuali saat sedang terlibat dalam suatu kegiatan yang sangat mereka sukai. Untuk itu, Anda perlu menjaga lingkungan tempat mereka bermain, belajar, atau melaksanakan tugas, sebisa mungkin bebas keramaian dan gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa televisi, musik keras, suara bising, dan hal lain yang dapat mengganggu perhatian anak.

Televisi dan Gadget

Ide seperti menonton TV sambil mengerjakan pekerjaan rumah bukanlah hal yang baik atau dianjurkan. Ini karena hal tersebut dapat mengalihkan perhatian anak. Pesan teks dan media sosial juga mengganggu konsentrasi. Dorong dan ajarkan anak Anda untuk tidak berhubungan dengan gadget apapun saat sedang belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Pemberian Aktivitas Fisik 

Beberapa aktivitas fisik, seperti bermain, berlari, atau olahraga, selain belajar dan tugas, adalah media yang bagus untuk mengeluarkan energi ekstra sang anak. Cara ini akan membantu anak untuk tidak terlalu gelisah, mengimbangi kebosanan, dan membuatnya lebih mudah fokus.

Biarkan Anak Bermain dan Bersenang-senang

Memberi anak terlalu banyak tugas dan melibatkan anak dalam terlalu banyak aktivitas dapat membuat otak anak kewalahan dan kelelahan. Sebagai orang tua, Anda harus memberi mereka cukup waktu untuk bersenang-senang dan bersantai, sehingga anak tidak merasa terlalu tertekan. Oh ya, pastikan juga anak cukup tidur di malam hari, dan juga istirahat di siang hari.

Bagaimana, siapkah melatih kefokusan dan konsentrasi anak? Terapkan cara-cara di atas, ya!



Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

15 Komentar untuk "Konsentrasi Balita Akan Meningkat Jika Ayah & Bunda Menerapkan Teknik Yang Tepat"

  1. Terima kasih bund infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. https://wargatani.bumen.web.id menyatakan bahwa situs/blog ini keren.

    BalasHapus
  3. Wargatani.bumen.web.id menyatakan bahwa situs/blog ini keren.

    BalasHapus
  4. Walaupun masih belum jadi orang tua, belajar dulu deh.

    BalasHapus
  5. Setuju bgt dgn poin2 di atas 😊

    BalasHapus
  6. jangan sampai anak menjadi ketagihan dengan gadget karena bisa merusak kesehatan mereka

    BalasHapus
  7. Thanks banget informasinya, cocok nih saya sering menjaga adik dirumah jadi bisa langsung saya coba tips nya

    BalasHapus
  8. PENTING! Wawasan ayah bunda akan arti penting pendidikan, dan tahu cara mendidik, kapan harus berkasih sayang, kapan harus berang (Marah) ... Tidak banyak orang tua yang punya pemahaman begini ... Simak juga blog kami Mindalife.com Terima kasih ...

    BalasHapus
  9. Karakter si kecil bisa dibentuk melalui orang tuanya

    BalasHapus
  10. Anak kecila bagaikan kertas putih, itu smua tergantung orrunya mau menjadikan anak seperti apa... Thanks infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. terima kasih infonya, bermanfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak

    BalasHapus
  12. Sangat penting untuk calon orang tua. 👍👍👍

    BalasHapus
  13. belajar untuk investasi masa depan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel