Cari Obat Sariawan pada Bayi? Yuk, Gunakan Cara Alami!

Sariawan itu sakitnya tak tertandingi. Bayangkan saja, lubang yang begitu kecil mempersulit mulut dan lidah untuk menikmati segala makanan. Kita yang dewasa masih merintih kesakitan apalagi dengan bayi. Ya, bayi pun yang belum bisa mengunyah makanan bisa terserang. Lalu, apa penyebabnya? Dan, apa obat sariawan pada bayi, tepatnya home treatment? Tanpa ba bi bu, Mualimah akan langsung menjelaskan keseluruhannya. Check it out! 

Sariawan pada bayi


Faktor pemicu sariawan pada bayi 

Ketika sariawan bersarang di mulut atau lidah si cutie, sudah pasti dia akan rewel, tak mau menyusu, dan sangatlah berkurang nafsu makannya. Kita pasti ingin segera memusnahkan bakteri itu. Tapi, kita wajib tahu dulu apa yang telah memicu munculnya si sariawan tersebut. Umumnya, penyebab tersebut yakni: 
  • Mulut atau lidah terluka. Yang namanya sariawan pasti merupakan sebuah luka. Namun, yang dimaksud di sini adalah timbulnya sariawan itu bisa saja karena sebelumnya lidah atau mulut si kecil terluka seperti akibat tergigit, terbentur, dan lainnya. Luka itulah yang nantinya membentuk lubang sariawan. 
  • Sensitive dengan makanan yang asam seperti stroberi atau jeruk Kekurangan nutrisi penting seperti zinc, asam folat, vit. B12, dan juga zat besi Adanya bakteri atau virus di mulut/lidah 
  • Kondisi medis tertentu, misalnya radang usus, celiac Kanker mulut. Tenang saja, kasus ini cukup langka untuk kalangan bayi. 
Ingat semua faktor itu ya. So, kita bisa bijak dalam memgambil keputusan untuk sang permata hati. 

Tanda adanya sariawan di mulut/lidah bayi 

Pada anak kecil (bayi), sariawan kebanyakan bersarang di mukosa atay sisi lidah, gusi, tenggorokan, dan juga pipi bagian dalam. Ketika kita menyentuhnya, maka lekungan yang mengelilingi luka tersebut tak bisa berbentuk sperti sedia kala saat kita sengaja memyentuhnya. 

Umumnya, luka sariawan pada si bayi memang tak sama banyaknya dengan orang dewasa. Bentuknya pun hanyalah bulatan yang sangat kecil dengan berwarna putih agak kekuningan. Namun, warna tersebut bisa berbeda tergantung kondisi mulutnya, bisa hanya berwarna putih, atau bahkan keabuan. 

Selain itu, ada juga hal yang bisa mengindikasikan bahwa si anak mengalami sariawan seperti rewel saat menyusu, merasa kesakitan setiap kali ada makanan masuk ke mulutnya, dan lainnya. Maka, ini berakibat nafsu makan yang biasanya baik menjadi turun drastis. 

Obat alami sariawan pada bayi 

Sebenarnya, luka sariawan yang mengganggu itu akan sembuh dan hilang sendiri. Namun, itu membutuhkan 7 hingga 10 hari. Lalu, bisakah kita sebagai orangtuanya bersantai ria melihat reaksi si kecil selama itu? Kita bisa saja diam jika si anak bersikap normal seolah tak ada rasa sakit. Tapi jika rewel terus-terusan? Tindakan harus segera dilakukan seperti mencari obat satiawan pada bayi. Saat ini, pengobatan rumahan yang alami menjadi alternatif terbaik. Cobalah cara berikut untuk meredakan dan menyembuhkan lukanya! 

Minyak kelapa 

Siapapun pasti mengenal khasiat minyak ajaib ini. Dan faktanya, sariawan pun bisa disembuhkan dengan cepat hanya menggunakan bahan rumahan ini. Kandungan asam kaprilat didalam minyak ini membuatnya mampu menghambat bahkan memusnahkan si jamir yang tumbuh di area mulut bayi. Untu pengaplikasiannya pun mudah, jika si bayi masih dalam masa ASI, oleskan saja minyak tersebut ke pu**** pa**da** Bunda. Jika sudah tak menyusu, oleskan saja sedikit di bagian mulutnya yang terdapat luka sariawan. 

Es batu 

Selain segar, es batu pun bermanfaat untuk meredakan luka sariawan dan memulihkannya dengan cepat. Langsung saja bungkus bongkahan es batu menggunakan kain yang lembut serta bersih. Lalu, perlahan ditempelkan ke area sariawan. Sensasinya yang segar dan dingin itulah yang akan meredakan rasa sakitnya dan menyembuhkannya pula. Yang pasti, jangan terlalu keras saat menempelkan atau menenkannya karena takut malah muncul luka yang baru mengingat mulut bayi masih sangat sensitive. 

Larutan, garam, baking soda, dan air 

Larutan tradisional yang terdiri dari garam, baking soda, dan tentunya air ini juga bisa menjadi obat sariawan pada bayi. Bunda wajin mempraktekkannya. Gunakan saja baking soda dan garam sebanyak setengah sdt plus air putih 1 gelas. Larutkan bersama dan aduklah. Setelah itu, langsung oleskan larutan tersebut menggunakan kapas atau kain lembut ke area sariawan. Praktekkan cara ini dengan rutin sehingga nanti luka sariawan akan mengecil dan sembuh dengan cepat. 

Itulah obat sariawan pada bayi yang berbahan rumahan nan alami. Jika masih belum ada perubahan selama 1 hingga 2 minggu, segera hubungi atau kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

12 Komentar untuk "Cari Obat Sariawan pada Bayi? Yuk, Gunakan Cara Alami!"

  1. Alhamdulillah, sya sudah jarang kena penyakit sariawan lgi.. 😊

    BalasHapus
  2. Kalau bayi yang sariawan mah kasihan ya. Paling bisanya cuma nangis doang. Orang tuanya yang kelabakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak hanya kelabakan bund, luar biasa bingungnya

      Hapus
  3. Meskipun saya belum menikah dan belum punya baby.. setidak untuk bekal besok heheh.. semangat berbagi info nya kak!

    BalasHapus
  4. Hampir sekali sebulan saya sariawan, makasih banyak infonya

    BalasHapus
  5. Kasihan juga sih lihat anak rewel GK mau makan gara2 sariawan...
    Tips ini patut di coba

    BalasHapus
  6. Betul, obat alami akan disikai keluarga momy di rumah

    BalasHapus
  7. Kasian bayi kalo sariawan :(

    BalasHapus
  8. Ini tantangan nya mengurus bayi harus tau ke butuhan dan keinginan nya..kita ndak tau dia sakit sariawan...bayi tau nya cuman nangis aja

    BalasHapus
  9. Saya lagi kena sariawan skrg karena sikat gigi kekerasan. Kira2 bisa gak yah pake metode salah satu diatas?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel