Resep Pancake Ubi Sehat untuk Balita

Pancake ubi untuk Bayi atau Balita ini cepat dan mudah dibuat serta hasilnya sangat lembut dan lezat. Pancake ini dibuat dengan bahan-bahan yang sehat nan kaya nutrisi. Sehingga, balita akan aman mengkonsumsinya. Resep ini bisa diaplikasikan untuk bayi mulai dari 8 bulan ke atas. Langsung saja simak resep beserta tips detailnya ya!

Kenapa harus pancake ubi?

Bagi saya pribadi, Pancake adalah salah satu sarapan terfavorit. Bahkan, si kecil pun sangat menyukainya. Pancake ubi jalar ini sangatlah lezat dan merupakan cara sehat serta bagus sekali untuk memulai hari si kecil. Plus, bagi anak yang kurang suka sayuran, yakinlah dengan power dari pancake ini karena secara tak sadar si anak telah menelan nutrisi penting sayuran tersebut. Ya, inilah sarapan favorit nan menyehatkan. 

Pancake ubi

Nha, ada beberapa alasan kenapa Bunda juga harus mencoba resep pancake ubi ini, yaitu: 
  • cocok untuk baby-led weaning
  • balita dan anak-anak juga menyukai pancake ini
  • ramah-freezer
  • keseluruhan bahan sangat sederhana
  • bagus untuk sarapan, makan siang, atau camilan
  • sumber protein yang baik
  • bisa dibuat tanpa tambahan gula, bisa dibuat bebas gluten, atau bebas kacang secara alami.


Resep pancake ubi khusus balita

Bahan

  • 1/2 cangkir tepung gandum utuh
  • 1/4 cangkir pure ubi jalar
  • 1/4 cangkir greek yogurt
  • 2 telur berukuran besar
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt kayu manis
  • minyak/melted butter

Langkah

  • Dalam mangkuk yang berukuran sedang, tambahkan semua bahan yang sudah disiapkan dan aduk hingga rata. 
  • Panaskan sebuah wajan yang ukurannya sedang atau agak besar dan bersifat anti lengket. Ingat, gunakan api sedang. Olesi wajan dengan melted butter atau minyak secukupnya. 
  • Untuk memnghasilkan pancake ubi mini, tuangkan 1 sendok makan adonan ke wajan dan biarkan masak selama 3-4 menit atau sampai berwarna keemasan di bagian bawah dan muncul gelembung di bagian tepinya. Balik dan biarkan masak selama 2-3 menit lagi. Ulangi hal tersebut hingga adonan habis.
  • Resep ini akan menghasilkan 12 pancake mini.

Note:
  • Ubi Jalar: Anda dapat menggunakan pure ubi yang Anda buat sendiri. Ubi jalar adalah sumber serat, zat besi dan vitamin B yang baik. 
  • Greek yogurt bisa juga Anda ganti dengan keju cottage. Terserah Anda piloh yang mana. Keju cottage kaya akan protein dan sumber folat yang baik. 
  • Tepung: Anda dapat menggunakan gandum utuh ataupun campuran tepung bebas gluten. 
  • Telur: telur membantu menyatukan bahan kering serta memberikan banyak vitamin dan mineral.
  • Baking Powder: menjadikan hasil pancake terasa sangat lembut dan mengembang.
  • Cinnamon: Cinnamon menambahkan sedikit rasa manis alami.


Tips penyajian

Berikut adalah beberapa cara unik dan lezat untuk menyajikan pancake ini untuk si kecil:
  • Olesi pancake dengan selai kacang lalu potonglah pancake tersebut memanjang.
  • Olesi salah satu bagian pancake yang sudah dipotong tadi dengan krim keju dan tumpuklah kembali. 
  • Tambahkan saus apel agar lebih nikmat. Tapi sebenarnya ini conditional sesuai selera saja. 
Yummy, anak pasti akan suka dengan pancake ubi ini. 

Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

9 Komentar untuk "Resep Pancake Ubi Sehat untuk Balita"

  1. Pancake ubi ide yang patut di coba untuk anak kita. Sehat alami dibanding makanan siap saji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Rasanya manis alami lho

      Hapus
  2. Saya juga suka pancake. Inspirasi baru nih pake ubi

    BalasHapus
  3. Kalau sya paling seneng ubi itu digoreng atau dikukus.. 😁

    BalasHapus
  4. Saya lebih suka pancake dengan siraman madu... membayangkan pancake ubi dengan madu aja udah bikin laper euy.. hahaha

    BalasHapus
  5. Coba aja bisa bikin gitu saya nya...udah jualan deh

    BalasHapus
  6. cobain aaah buat anak nanti pancakenya

    BalasHapus
  7. sesekali bikin pancake nya di taburi daging cincang plus sayuran , terus change rasa nya jgn di buat manis tapi gurih atau tawar....hhehehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel