Matematika Penting Bagi Anak, Yuk Ajari dengan Cara Menyenangkan!

Saya yakin banyak siswa termasuk saya memiliki fobia Matematika walaupun semasa sekolah nilai Matematika saya termasuk Top 3 (pamer sedikit yaa😅). Dulu, saya sempat berpikir apakah 
Matematika penting bagi anak karena ilmu ini (selain Matematika dasar) merupakan sesuatu yang mungkin jarang sekali digunakan dalam kehidupan nyata. Tapi, itu jelas tidak benar. 

Matematika adalah mata pelajaran yang akan terbukti bermanfaat di semua lapisan masyarakat. Tidak peduli karir apa yang Anda pilih, memiliki pemahaman yang baik tentang hal yang sama dapat membantu Anda dan tentu menunjukkan adanya perbedaan besar.

Pentingnya Matematika bagi anak


Mengapa Matematika Penting Bagi Anak?


Apa sih yang membuat Matematika itu penting sehingga sampai kapanpun pelajaran ini tak akan pernah terhapuskan? Yuk, simak!

Dapat menyelesaikan masalah dengan mudah 

Pola pikir matematis yang sistematis melalui urutan tertentu membuat otak kita terbiasa memecahkan masalah menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan ini, anak-anak juga dapat menemukan solusi yang lebih cepat untuk masalah sehari-hari. 

Membantu dalam jual beli

Dalam aktivitas dasar kita atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kecerdasan berhitung sangat penting, jika tidak, akan ada kesalahan dalam menerima atau membayar dalam ranah jual beli. Tentu ini membantu anak-anak mengembangkan rasa kemandirian dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. 

Belajar Matematika membuat kita lebih teliti dan hati-hati  

Terkadang soal matematika bisa panjang dan rumit. Seseorang perlu fokus dan berhati-hati saat mendekati masalah ini untuk menghindari kesalahan perhitungan dan mendapatkan jawaban yang akurat. Dengan demikian, matematika meningkatkan fokus, konsentrasi, dan membuat anak lebih perhatian. 

Belajar matematika dapat mengajarkan untuk bersabar 

Memecahkan masalah matematika yang panjang dan rumit bukanlah lelucon dan sebenarnya membutuhkan kesabaran untuk melakukannya. Tapi begitu dipahami maka tidak ada yang lebih mudah dari ini. Jadi, cukup adil untuk mengatakan bahwa Matematika mengajarkan Anak akan arti kesabaran!


Tips mengubah Matematika jadi menyenangkan untuk anak


Setelah mengetahui bahwa Matematika penting bagi anak, kini bacalah kiat mengubah horrornya Matematika menjadi sesuatu yang fun. 

Cara menyenangkan belajar Matematika

Saya menuliskan ini bukan mengada-ngada karena nyatanya saya memang pernah melakukannya. Bukan kepada anak saya karena anak saya juga baru berumur 2 tahun. Cara ini pernah saya terapkan ke keponakan saya atau anak-anak yang seringkali mendatangi rumah hanya untuk belajar Matematika. Ok, check it out!

Mulai dari rumah  

Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah yabg tentu saja meruapakan tempat pertama mereka belajar. Cobalah dan mainkan permainan yang melibatkan angka. Sesuatu yang mendasar seperti menghitung bola atau bahkan bermain ludo. Keponakan saya suka ludo. Cara ini membantu dalam penghitungan angka dasar bagi pemula. 

Jangan terpaku pada kurikulum  

Kesalahan terbesar yang kita lakukan sebagai orang tua adalah tetap berpegang pada apa yang diajarkan sekolah. Ada banyak cara untuk mengajarkan sesuatu kepada anak. Berfokus hanya pada satu cara tertentu dapat mengakibatkan anak kehilangan minat dalam belajar. So, ada kalanya kita mencoba dan belajar sambil bersenang-senang. 

Belajar dan bermain   

Buat celengan untuk anak Anda dan bantu mereka memahami konsep belanja dan menabung. Permainan pretend seperti permainan supermarket sangat berguna di saat seperti ini. Ya, sesederhana permainan ini, Matematika yang rumit pun akan terasa sangat mudah nantinya. 

Bagaimana, apakah Anda sudah siap mengubah mindset anak tentang Matematika? Siapkah menanamkan pada dirinya bahwa Matematika penting bagi anak?
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

5 Komentar untuk "Matematika Penting Bagi Anak, Yuk Ajari dengan Cara Menyenangkan!"

  1. bener banget mim,matematika memang perlu untuk anak2,karena dengan matematika membuat saraf motorik ank menjadi terus bekerja.

    BalasHapus
  2. Matematika selalu menyebalkan sih buatku. Astaga... Hahaha

    Tapi adikku suka sama itu pelajaran itung-itungan. Hehehe

    BalasHapus
  3. Terkadang yang bikin gasuka mtk tuh gara2 gurunya ngebosenin

    BalasHapus
  4. Waktu SD aku suka benget sih yang namanya matematika, tapi pas sudah SMP dan SMP ampun dech bikin pusing, tapi karena di waktu itu jarang belajar sih, menurut saya matematika itu sangat penting dan harus bisa, karena smua pekerjaan dan kehidupan berhub sm matematika😊

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel