4 Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi Seharian

Sebagai seorang istri sekaligus ibu dalam rumah tangga, kita semua menginginkan rumah yang bersih, teratur, bebas dari segala kekacauan dan terlihat sempurna sepanjang waktu. Tapi, apakah hal itu benar-benar bisa terjadi selamanya? Dengan sedikit kerja keras dan ketekunan, tentu saja sangat mungkin untuk mempertahankan dan menjaga rumah tetap bersih dan rapi seharian. Keadaan ini pastinya akan membantu kita mengurangi tugas sehari-hari dan tidak menambah stres. 

Rumah bersih dan rapi

Seringkali, kita mengabaikan tugas-tugas kecil setiap hari dan membiarkannya menumpuk, tetapi justru inilah yang menjadi penyebab utama istana kecil kita tampak berantakan. Apakah Anda sering melakukannya? Berikut merupakan beberapa tips yang akan membantu Anda menjaga rumah Anda tetap bersih plus rapi setiap saat.

Kelompokkan benda tertentu

Ini merupakan satu hal yang seringkali diabaikan padahal hal semacam ini sangat cepat sekali memicu adanya kekacauan dalam sebuah ruangan. Setiap hari kita bisa saja menerima barang baru seperti surat atau paket. Kebanyakan, wanita akan meneruskan kebiasaan dengan menaruhnya di sembarang tempat. 

So, lebih baik membuat kebiasaan baru dengan menyortir segala sesuatu dan menyimpannya di tempat yang telah ditentukan. Dengan cara ini kekacauan tidak akan tumbul nantinya.

Membersihkan area dapur dan kamar mandi

Cara terbaik untuk menjaga dapur dan kamar mandi tetap teratur adalah dengan menyimpan atau mengembalikan barang-barang sesuai tempatnya. Jika tidak, maka hal itu akan mengakibatkan adanya penumpukan dan kemudian muncullah tugas yang hampir mustahil untuk diselesaikan. Apalagi jika dalam rumah juga dihuni beberapa anak, piring di dapur pasti menumpuk jauh lebih cepat dan jika dibiarkan tanpa pengawasan itu menjadi tugas yang begitu mengerikan untuk diselesaikan. 

Hal yang sama pun bisa terjadi di kamar mandi, di mana rak akan cepat berantakan. Jadi hal terbaik untuk dilakukan adalah membereskan serta membersihkannya saat itu juga ketika terjadi kekacauan.

Penataan sandal dan sepatu

Jika ingin menjaga rumah tetap bersih dan rapi, jangan lupakan benda mungil ini. Bagi saya, suatu benda yang cenderung berlipat ganda adalah sandal atau sepatu. Khususnya, di dekat pintu depan. 

Kami sekeluarga memiliki kebiasaan melepas sepatu atau sandal sebelum masuk dari luar, sehingga sama sekali tidak butuh waktu lama untuk menciptakan tumpukan sepatu dengan cepat. Jadi kami selalu memastikan untuk menyimpan kembali sepatu di rak atau tempatnya untuk menghindari kekacauan besar segera setelah kami memasuki rumah.

Mengatur cucian

Kesalahan terbesar yang biasa saya lakukan adalah menumpuk cucian saya dan keluarga dan membiarkannya bertumpuk semakin banyak keesokan harinya. Dan jujur ​​itu tidak pernah diurutkan. 

Jadi, hal terbaik adalah menyortir cucian saat itu juga. Dengan cara ini, bahkan ruang cucian pun seopah dapat bernafas dan Anda tidak akan menghadapi situasi yang kacau dalam mengatur pakaian Anda.

So, sudahkah Anda siap menjaga rumah tetap bersih dan rapi? Yuk, menjadi Ibu bahagia untuk keluarga!

Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

4 Komentar untuk "4 Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi Seharian"

  1. Rumah bersih dan sehat, harapan penghuni rumah ikut mendukungnya

    BalasHapus
  2. Karena kebersihan bagian dari iman

    BalasHapus
  3. Tapi tetap, kalau ada bocah2 yg kecil mah rumah biasanya jarang kelihatan rapih.. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itu adalah anugerah terindah pada hakikatnya 😋

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel