5 Tips Sukses Mengatasi Bayi Kolik, Hasilnya Mencengangkan!

Menjadi orang tua baru, kita semua pasti pernah merasakan saat-saat di mana kita berpikir bahwa kita telah melakukan kesalahan atau tidak melakukan sesuatu dengan benar. Saya pun demikian, terutama ketika putra kecil saya mengalami kolik. Segala cara mengatasi bayi kolik pun saya lakukan. Dan faktanya, Sebagai seorang ibu, sangat sulit untuk menangani bayi yang kolik jika dia terus-menerus menangis sepanjang hari.

Penyebab kolik yang sesungguhnya sebenarnya masih belum diketahui dengan jelas. Beberapa ibu menyebutnya sebagai bentuk gangguan pencernaan dan yang lain menyebutnya sebagai alergi ringan yang biasa dialami anak.  Dalam kasus seperti ini, kita hanya perlu mengetahui akar masalahnya.

Mengatasi bayi kolik

Meski anak saya belum genap 3 tahun, nyatanya, saya pernah melalui banyak masalah dalam menghadapi bayi yang mengalami kolik. Ya, tak jarang si kecil menangis lebih dari 4 jam. Dengan sedikit pengalaman yang saya miliki, saya ingin membagikan beberapa tips yang ampuh dan telah membantu saya dalam menenangkan si kecil yang saat itu sedang kolik.

Tenang, jangan panik

Begitu mendengar si kecil menangis, hal pertama yang kita lakukan adalah menggendongnya. Kita mungkin tidak pernah menyadari bahwa mengangkat dan menggendong anak seketika saat menangis bisa semakin memperburuk situasi. And, that's what I really felt. Sebaliknya, kita harus membiarkan anak berbaring dan menggosok punggungnya dengan lembut. Inilah yang akan perlahan membuatnya sedikit tenang.

Biarkan si kecil tidur

Bayi yang kolik tentu cenderung menjadi lebih kesal dan rewel saat bangun. Tentu saja, bahkan kita tidak bisa memberinya makan atau sekedar mainan ketika dia sudah kolik. Alih-alih mencoba memanjakannya dalam beberapa kegiatan lain, buatlah dia tertidur dengan nyaman. Ya, inilah cara yang bisa dibilang tersederhana untuk mengatasi bayi kolik.

Pijatlah si kecil

Ada cara lain yang terbilang ampuh untuk meredakan tangisan bayi yang kolik. Cara tersebut merupakan pijatan ringan dan sederhana untuk bayi. Coba saja posisikan anak tengkurap atau berdiri dalam gendongan/dekapan, lalu gosok punggungnya dengan gerakan memijat. 

Cara ini akan membantunya melepaskan gas yang terpendam di tubuhnya. Selain itu, Anda bisa mencoba melakukan gerakan bersepeda atau mengayuhkan kaki si bayi untuk membantu mengeluarkan tumpukan gas yang lebih banyak.

Periksa pola makan anda

Ketika segala cara sudah anda lakukan namun semua hasilnya nihil, cobalah teliti pola makan anda sendiri. Tip ini hanya berlaku jika Anda masih menyusui si bayi. Apa yang Anda makan sedikit banyak telah mempengaruhi bayi secara langsung sehingga Anda harus menjaganya dengan ketat. Cobalah untuk menghindari makanan tertentu seperti kubis, produk susu, dan makanan pedas.

White sound

Apa maksud dari white sound? Konsep ini merupakan konsep dimana kita mengucapkan atau memperdengarkan suara menenangkan seperti ayat Al-Quran, sholawat, atau sekedar lagu yang membuatnya nyaman. Lantunan tersebut akan mampu menenangkan bayi. Cobalah menyenandungkannya atau Anda pun bisa menggunakan rekaman. Surely, cara ini akan bekerja dengan sempurna.

Itulah beberapa tips yang sudah pernah saya terapkan. Cobalah untuk menerapkannya sebagai cara mengatasi bayi kolik. Hopefully, si kecil selalu sehat dan bahagia. 
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

5 Komentar untuk "5 Tips Sukses Mengatasi Bayi Kolik, Hasilnya Mencengangkan!"

  1. Dulu anak pertama saya sering sekali kolik. Sebagai ibu muda waktu itu sempat kebingungan juga menghadapinya. Anak sering rewel di waktu2 kita harusnya istirahat. Yang saya lakukan waktu itu adalah menggendong hadap depan dengan posisi perutnya menghadap tubuh kita. Biasanya dia cenderung lebih tenang karena mungkin perutnya jadi hangat dan nyaman.
    Pijat lembut juga bagus terutama pijat ILU di perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iyaa, sy lupa masukkan ini. Sy juga dpt edukasi ini dr sesepuh.. ampuh banget 🤩

      Hapus
  2. Kolik itu penyakit bayi yg pasti bingungin para ibu yaaa. Akupun ngalamin kok mba, pas anak2 masih bayi dulu. Udah bingung, Krn si bayi juga cuma nangis trus2an. Tapi dulu aku bersyukur banget punya babysitter yg berpengalaman. Dia bisa nenangin anakku yg rewel nangis semalaman. Dipijit pelan pake baby oil, tepuk2, sampe akhirnya si baby tidur ...

    BalasHapus
  3. Kolik itu di istilah jawanya sawan bukan? Yang anak gak kenapa2 trus cerewet?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel