5 Ide Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan di Rumah Selama Masa Pandemi

Anak-anak merasa terjebak dan jengah karena harus selalu di rumah? Tenang saja, ada beberapa kegiatan kreatif dan menyenangkan di rumah untuk anak-anak yang akan membuatnya begitu bahagia!
Ya, faktanya, terkadang kita harus tetap stay di dalam rumah disaat-saat tertentu seperti sakit, hujan, atau di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Kebanyakan, orangtua lebih memilih cara mudah agar anak betah di rumah. Misalnya, membiarkan si kecil berpetualang dengan gadgetnya. Padahal, kita semua tahu itu bukanlah pilihan terbaik untuk si buah hati.

Kegiatan kreatif dan menyenangkan di rumah

So, adakah aktivitas indoor yang menyenangkan untuk dilakukan anak-anak di rumah sehingga membuat mereka terhibur selama berjam-jam? Tentu, ada. Yuk, simak list kegiatan serunya!

Family game

Siapa yang tak menyukai game? Bahkan orangtua pun sangat menyukai apalagi game yang bisa dimainkan bersama keluarga seperti board game. Ya, board game menyenangkan untuk seluruh keluarga. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat semua orang bersatu dan bersenag-senang bersama.

Begitu juga dengan card game. Jangan meremehkan betapa serunya suatu permainan kartu. Setumpuk kartu dapat dimainkan dengan berbagai cara unik. It's perfectly amazing. Surely, anak akan merasa sungguh gembira. 

Berkreasi dengan origami

Origami sangatlah menyenangkan untuk segala tingkat usia. Mengubah selembar kertas warna biasa menjadi sesuatu yang istimewa dan kreatif itu sungguh menyenangkan. Siapapun akan terpukau dengan hal ini. 

So, baik anak maupun orang dewasa sangat tertarik untuk ikut berkreasi dan menuntaskan prosesnya. Proses yang mudah dan murah, yang Anda butuhkan hanyalah selembar kertas dan sedikit kreativitas!

Masak Bersama

Memasak juga bisa menjadi ide kegiatan kreatif dan menyenangkan di rumah. Tidak masalah jika Anda melibatkan si kecil untuk sekedar membuat camilan, kue, atau bahkan membiarkan anak-anak membantu menyiapkan makanan lengkap untuk seluruh keluarga. Faktanya, memasak bersama bisa menjadi sesuatu yang begitu menggembirakan.
Tergantung pada tingkat usia sang anak, Anda dapat memberikan pekerjaan khusus kepada anak-anak Anda. 

Contohnya, Anak yang lebih kecil usianya bisa membantu mencampur bahan untuk pembuatan kue atau menu lain. Cara ini tidak hanya merupakan aktivitas yang sederhana dan menyenangkan, tetapi juga membantu membangun keterampilan hidup yang penting. Sedangkan, Anak yang lebih besar usianya bisa dilibatkan untuk mengukur atau menakar semua bahannya. Cara ini tentu merupakan ilmu atau pelajaran matematika yang bagus untuknya.

Hunting dalam ruangan

Bisakah mengajak anak berpetualang meski hanya di dalam rumah? Busa sekali. Cukup sederhana saja! Buatlah beberapa petunjuk dan berikan si anak buku catatan serta pensil. Ciptakan suatu keadaan seolah si anak akan melakukan perburuan real di dalam rumah. Buatlah sekreatif mungkin. 

Berbicara dengan anak 

Ketika Anda di rumah dan sedang tidak melakukan apa-apa, tidak ada waktu yang lebih baik untuk berbicara dengan sang buah hati. Ceritakan kepada si kesayangan tentang kisah-kisah menyenangkan misalnya kisah Anda semasa kecil. Atau, minta si anak untuk menceritakan kenangan terindah mereka. Anda pun bisa bertanya tentang apa yang terjadi dalam hidupnya sekarang.


Itulah beberapa kegiatan kreatif dan menyenangkan di rumah. Yakinlah, meski kegiatan sederhana namun mampu menjaga kebersamaan dan kehangatan keluarga, kesannya jauh lebih indah dan berharga. 






Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

1 Komentar untuk "5 Ide Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan di Rumah Selama Masa Pandemi"

  1. Aku udah praktek in semuanya mba sebelum baca tulisan ini. Dan sekarang anak-anak ku bosan. Wkkkka. Ada ide lagi kah?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel