5 Tips Memilih Perguruan Tinggi Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Helloo.. kali ini, saya tidak membahas Parenting dulu, yaa. Saya sedang tertarik dengan Education. Di artikel ini, saya lebih mencondongkan tentang pendidikan perguruan tinggi. Nha, Ada banyak cara untuk memilih perguruan tinggi. Then, bagaimana cara memilih perguruan tinggi terbaik? Sebenarnya, jangan memilih yang terbaik, tapi yang paling tepat untuk Anda. 

Anda dapat memilih salah satu Universitas berdasarkan di mana Anda saat ini atau nantinya tinggal, di mana orang tua Anda menetap, atau bahkan di mana teman Anda berencana untuk melanjutkan pendidikannya. Saat memilih tempat mengampuh pendidikan, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan berbagai metrik agar menemukan perguruan tinggi yang paling sesuai dengan Anda dan kebutuhan Anda tentunya.

Tips memilih perguruan tinggi

Metrik itu apa sih? Tepatnya, yakni sebuah pengukuran yang digunakan dalam pengukuran suatu kualitas atau indikasi tertentu, dan pada dasarnya untuk memberi tahu Anda apakah sesuatu itu baik atau bahkan buruk. Misalnya, ketika Anda ingin mengetahui apakah sebuah film layak untuk ditonton, Anda dapat melihat ulasan film dan juga melihat berapa banyak bintang atau rate yang diberikan pada film tersebut. 

Prinsip yang sama seperti ini pun dapat digunakan ketika hendak memilih perguruan tinggi. Pertimbangkan hal berikut, ya!

Peluang masuk

Bergantung pada kinerja Anda di sekolah menengah, Anda mungkin ingin mendaftar ke perguruan tinggi dengan tingkat penerimaan yang lebih tinggi atau lebih rendah. Jika Anda menguasai segala sesuatu terkait nilai akademik Anda, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diterima di perguruan tinggi dengan tingkat penerimaan yang lebih rendah. 

Di sisi lain, jika akademik Anda kurang sempurna, pastikan Anda mendaftar ke beberapa perguruan tinggi yang memiliki tingkat penerimaan lebih tinggi, tentunya ini untuk berjaga-jaga. Ada baiknya, Anda melamar ke sejumlah Universitas. Ya, tidak ada salahnya dalam hal ini karena pastinya akan membuat Anda tetap aman jika Anda tidak diterima di perguruan tinggi pilihan Anda.

Tingkat kelulusan

Lulus dari perguruan tinggi jelas lebih penting daripada harapan awal untuk diterima. Tanpa kelulusan, apa gunanya diterima sejak awal? Saat mempertimbangkan perguruan tinggi tertentu, tinjau persentase siswa yang berhasil menyelesaikan program studinya secara penuh.

Tingkat retensi mahasiswa baru

Metrik lain yang perlu dipertimbangkan adalah tingkat retensi mahasiswa baru, yang artinya, berapa persentase mahasiswa baru yang kembali atau tetap bertahan di tahun kedua dan seterusnya. 

Tingkat retensi yang tinggi menunjukkan kepuasan mahasiswa secara keseluruhan dengan pengalaman tahun pertama mereka di Universitas tersebut. 

Jika demikian, artinya, hanya sedikit atau bahkan tak ada mahasiswa yang gagal di tahun pertamanya, yang mana tahun pertama itulah waktu terpenting bagi mahasiswa untuk belajar menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus.

Rasio mahasiswa dengan suatu fakultas

Tidak bisa dipungkiri, dalam pembelajaran, tiap mahasiswa akan sangat berharap diingat dan diperhatikan dosen apalagi kajur bahkan dekan fakultas. Jika rasio mahasiswa di suatu fakultas sedang atau kecil, Anda pasti berpeluang untuk mendapatkan hati para dosen besar. Tapi, bayangkan jika mahasiswa dalam 1 fakultas saja bisa mencapai 700 siswa bahkan lebih, Bapak/Ibu dekan pun bisa saja sangat asing dengan Anda. Sungguh menyakitkan, kan? So, periksa rasio siswa terhadap fakultas dengan sangat cermat.

College size

Jika Anda sangat mepertimbangkan rasio mahasiswa dan dosen, maka penting juga untuk menganalisis ukuran keseluruhan perguruan tinggi. Tentu ini akan memainkan peran besar yerkait seberapa tingginya tingkat kenyamanan Anda, dan seberapa baik Anda menyesuaikan diri. 

Perguruan tinggi yang besar mungkin membuat banyak siswa kewalahan, dan perguruan tinggi yang kecil mungkin juga kurang memuaskan bagi yang lain. Apakah Anda ingin mengenali semua orang di kampus, atau justru ingin memiliki privasi yang lebih? Pikirkan akan hal itu dan tentukan pilihan Anda!

Itulah ulasan yang saya bagikan untuk Anda, para pecinta pendidikan. Satu hal yang pasti, memilih perguruan tinggi harus dari hati. So, good luck!
Mualimah Saya adalah ibu 1 anak yang begitu cinta dengan dunia anak dan pendidikan

6 Komentar untuk "5 Tips Memilih Perguruan Tinggi Terbaik dan Sesuai Kebutuhan"

  1. Sbg lulusan S2, sya cuma bisa menyimak saja.. 😎

    *S2= sd & smp 😆😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, tak usah merendah pak. Njenengan pasti asli lulusan S2. Tp lulusan apapun itu yg penting ilmunya barokah

      Hapus
  2. Pas kuliah S1, aku cuma ikut-ikutan aja. Tapi semakin lama akhirnya aku menikmati kuliah. Lebih enjoy dan menyenangkan. Aapun pilihannya sih kudu bisa merasa enjoy dan seneng dulu.

    BalasHapus
  3. Niat nya mau kuliah tahun ini. Tapi karena pandemi gini dan ga ada pemasukan, jadi harus ambil gapyear. Tapi nggapapa kita bisa fokus pilih jurusan apa nanti nya biar gak salah pilih

    BalasHapus
  4. mantap bang, dulu saya memilih yg jarang diminati, jurusannya unik, prospek kerja luas, alhamdulillah masuk

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel